Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Home / Programming / PHP / Menambahkan Variabel External Pada Function PHP

Menambahkan Variabel External Pada Function PHP

/
/
/
33 Views
img

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menambahkan variabel external pada function PHP. Kehebatan dari bahasa pemrograman PHP sebenarnya berasal dari Function-nya. PHP memiliki lebih dari 1000 function bawaan, dan selain itu Anda dapat membuat function kustom Anda sendiri. PHP memiliki lebih dari 1000 function bawaan yang dapat dipanggil langsung, dari dalam skrip, untuk melakukan tugas tertentu.

Pembuatan Function Bagi Pengguna PHP

Selain fungsi PHP bawaan, dimungkinkan untuk membuat fungsi Anda sendiri.

  • Fungsi adalah blok pernyataan yang dapat digunakan berulang kali dalam suatu program.
  • Suatu fungsi tidak akan dieksekusi secara otomatis ketika sebuah halaman dimuat.
  • Suatu fungsi akan dieksekusi oleh panggilan ke fungsi tersebut.

Nama function harus dimulai dengan huruf atau garis bawah. Nama fungsi TIDAK peka huruf besar kecil. Pada contoh di bawah ini, saya akan membuat function dengan nama “contohFunction()“. Kurung kurawal buka ({) menunjukkan awal kode function, dan kurung kurawal penutup (}) menunjukkan akhir dari function. Function ini akan menampilkan output “Halo abang Firman!“. Untuk memanggil function ini, cukup tulis namanya diikuti dengan tanda kurung (). Silahkan perhatikan contoh function di bawah ini:


Silahkan anda coba function di atas. Maka akan menampilkan tulisan “Halo abang Firman!”. Kemudian mari kita coba function dengan kondisi berbeda. Mari kita tambahkan variable untuk membuat kondisi yang lebih dinamis. Perhatikan contoh berikut :

Function di atas akan menampilkan output sama dengan function sebelumnya. Ok sekarang mari ke inti dari artikel ini :

Menambahkan Variabel External Pada Function PHP

Function yang kita bahas di atas mendeskripsikan variabel berdasarkan variabel yang telah disediakan oleh function tersebut. Namun bagaimana jika kita ingin memasukkan variable dari external function? Misalnya kita ingin menambahkan variable “koneksi database” ke dalam function milik kita. Mudah saja, silahkan ikuti trik saya di bawah ini:


Function di atas akan menampilkan output “Halo abang Firman yang tinggal di Pekanbaru “. Function ini akan berjalan dengan baik karena sudah mendefinisikan variabel tersebut ke dalam function untuk digunakan sebagai variabel global, sekarang function tersebut mengira bahwa variabel itu adalah bagian dari variabel lokal di function milik anda. Namun sayangnya menggunakan global disebut-sebut sebagai praktik yang buruk dalam pembuatan function berdasarkan artikel di sini dan di sini. Saya harap anda mengerti apa yang anda buat.

Baiklah, selesai juga artikel tentang Menambahkan Variabel External Pada Function PHP. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk berkomentar ria di bawah.

Baca Juga  Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar